Total Pageviews

Saturday, December 18, 2010

Tato dan Tindik Tubuh Picu Alergi

Banyak hal yang bisa memicu terjadinya alergi selain makanan. Kosmetik, perhiasan hingga piercing dan tato ternyata bisa memicu reaksi alergi. Anda perlu tahu penyebab alergi yang mungkin berasal dari barang-barang kesayangan Anda seperti dikutip dari Times of India:
1. Ponsel

"Peningkatan penggunaan ponsel dalam jangka waktu lama membuat kulit kontak dengan bahan nikel yang ada di ponsel," kata Luz Fonacier, dari American College of Allergy, Asthma and  Immunology (ACAAI).

"Biasanya gejala alergi yang dikeluhkan pasien adalah kulit kering, bercak gatal di pipi, garis rahang dan telinga dan tidak tahu apa yang menyebabkan reaksi alergi mereka," tambahnya.
Nikel adalah salah satu alergen yang paling umum, dan mempengaruhi sampai 17 persen wanita dan 3 persen dari pria. Kontak dengan benda yang mengandung nikel, seperti kunci, koin dan klip kertas umumnya singkat, sehingga alergi nikel tidak mungkin terjadi pada daerah kontak.

Namun, bahkan dalam pertemuan singkat, nikel dapat ditransfer dari jari ke wajah dan menyebabkan iritasi kelopak mata. Risiko ini sering meningkat , saat kontak yang terlalu lama dengan nikel-lewat berbagai objek, seperti telepon seluler, perhiasan, jam tangan, dan frame kacamata.

Menghindari kontak kulit langsung dengan bahan beralergen adalah solusi terbaik. Untuk ponsel, coba gunakan penutup film plastik, sepotong telinga nirkabel, atau beralih ke telepon yang tidak mengandung logam pada saat kontak langsung dengan kulit.

Body Piercing & Tato

Reaksi alergi terhadap seni tubuh (piercing dan tato) juga bisa Anda alami. Dua puluh empat persen kalangan usia 18 hingga 50 tahun memiliki tato dan 14 persen memiliki tindik tubuh.

"Reaksi alergi dari tato bisa muncul terutama dari pigmen yang digunakan untuk warna celup. Masalah dengan tindik badan kembali bisa disebabkan akibat peningkatan prevalensi alergi nikel. Beberapa peneliti menyarankan kita menunda tindik telinga sampai anak-anak berusia lebih dari 10 tahun," ujar Fonacier.

Kosmetik

"Seperti diketahui bahwa produk kosmetik yang digunakan sehari-hari mengandung berbagai zat yang bisa memicu alergi. Dan terbukti, rata-rata pengguna kosmetik sering mengalami alergi. Biasanya wanita menggunakan 12 produk kosmetik sehari.

"Dari 12 produk ini mungkin berisi hingga 168 bahan kimia, banyak yang bisa menjadi iritan atau zat yang menyebabkan reaksi alergi ," katanya.

Temuan ini pun dibahas pada pertemuan tahunan American College of Allergy, Asma dan Imunologi (ACAAI) di Phoenix. (sj)

No comments:

Post a Comment