Total Pageviews

Saturday, December 18, 2010

Mengembangkan Rasa PERCAYA DIRI Untuk Kesuksesan KARIR!

Kepercayaan diri merupakan aset yang perlu dimiliki di tempat kerja. Orang yang memiliki kepercayaan diri yang besar mampu mengemban tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan.
Dari sekian banyak hal, salah satu hal yang paling diidam-idamkan dalam kehidupan ini adalah mencapai puncak karir yang selama ini kita impikan. Ada beberapa hal baik teknis maupun non teknis agar sukses di pengembangan karir. Dari sekian banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mencapai puncak kesuksesan di karir adalah dengan memperhatikan dan mengembangkan sikap percaya diri.
Sikap percaya diri sangat mutlak diperlukan untuk meraih karir yang cemerlang. Orang yang tidak memiliki percaya diri yang bagus dapat dikatakan sebagai layaknya prajurit yang sudah kalah terlebih dulu sebelum maju perang. Rasa percaya diri terutama sangat diperlukan ketika mengambil sebuah keputusan. Mengambil keputusan dengan penuh optimis, akan membuat orang lain menilai bahwa kita memang individu yang memiliki kualitas yang tinggi. Percaya diri dalam mengambil keputusan juga sangat mempengaruhi dari segi keberhasilan dari keputusan yang telah dibuat itu sendiri. Tapi memang rasa percaya diri sering bersifat fluktuatif atau sering turun naik sehingga tidak selamanya konstan. Oleh karena itu kita harus melatih diri untuk menjadi pribadi yang optimis dan selalu berpikir posistif.
Percaya Diri
Berikut tiga tips untuk membantu Anda mengembangkan rasa percaya diri :

1. Fokus pada sikap percaya diri
Percaya diri adalah sebuah emosi. Ketika Anda merasakan emosi bahwa Anda percaya diri, maka akan berpengaruh di dalam diri Anda untuk fokus pada kemampuan Anda. Di sisi lain, jika Anda merasa kurang percaya diri, Anda akan cenderung menahan diri dan tidak berani mengambil risiko.

Sebuah emosi agar bisa menjadi lebih percaya diri perlu dikembangkan. Keahlian tersebut membutuhkan latihan, latihannya adalah dengan selalu berusaha fokus pada rasa percaya diri. Cobalah untuk melakukan setiap pekerjaan dengan sikap percaya diri.

2. Ubah cara pikir untuk mengembangkan percaya diri
seperti yang telah dibahas pada poin pertama, percaya diri adalah emosi dan emosi terjadi karena pikiran. Misalnya, rasa sedih terjadi karena Anda memikirkan tentang hal-hal sedih, begitupun dengan rasa bahagia. Sebelum Anda merasa bahagia, terlebih dahulu Anda berpikir tentang kesenangan.

Dalam cara yang sama, pikiran Anda secara drastis dapat mengubah tingkat kepercayaan diri Anda. Oleh sebab itu, motivasi diri dan pikirkan hal-hal yang membuat Anda bisa percaya diri. Anda bisa menyemangati diri sendiri dengan kata-kata "aku pasti bisa", maka Anda akan bisa lebih percaya diri.

3. Mengembangkan keahlian Anda
Rasa percaya diri tanpa ditunjang dengan keahlian tidak membuat Anda hebat. Semakin Anda kompeten di tempat kerja, maka Anda akan lebih percaya diri.

No comments:

Post a Comment