Total Pageviews

Saturday, May 21, 2011

Tips Sukses Cari KERJA Bagi " Fresh Graduate/Entry Level " :D hehe

Bila saat ini Anda masih tercatat sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, maka dunia kerja pastilah merupakan "dunia lain" untuk anda. Kecil kemungkinan bagi anda mengetahui seluk beluk dunia kerja, kecuali anda setidaknya sudah pernah bekerja sebelumnya. Seperti apa hari-hari yang akan anda lewati di kantor? Akan seperti apa pekerjaan Anda? Apa yang akan diharapkan oleh bos dan kolega terhadap diri Anda?

Dunia kerja sedang mengalami perubahan dengan sangat drastis. Tipikal tempat kerja pada millenium baru ini pastinya sangat berbeda dari tipikal kantor pada 10 atau 20 tahun yang lalu. Update teknologi memainkan peranan penting selain perubahan gaya hidup yang juga menuntut anda untuk bekerja dengan cara yang berbeda dari orangtua anda dulu.


Fresh Graduate
Mengantisipasinya, simak beberapa kecenderungan utama yang perlu dicermati:
  1. Perubahan teknologi. Lingkungan kerja pastinya telah berubah. Terlebih  dengan masuknya beragam teknologi baru. Anda dituntut untuk dapat bekerja lebih cerdas dengan mengefisiensikan waktu agar lebih produktif.
  2. Perubahan lingkungan kerja dan waktu untuk bekerja. Jam kerja yang fleksibel tidak hanya memungkinkan Anda bekerja sesuai permintaan, tapi juga ketika suatu hari Anda bekerja lebih lama, Anda bisa mengambil libur sebagai gantinya pada hari lain.
  3. Sekarang, bagaimana dengan pekerjaan itu sendiri? Teknologi menjadi faktor terpenting. Makna "bekerja" berubah secara dramatis seiring dengan perubahan pada penggunaan teknologi. Sejumlah pekerjaan menjadi kuno dan pekerjaan baru muncul. Kini, kita menggunakan email, mengirim pesan instan, melakukan riset secara online dan memanfaatkan program-program komputer otomatis untuk menyelesaikan pekerjaan.
  4. Anda diharapkan lebih berdaya dan lebih bagus dalam memecahkan persoalan --dibandingkan generasi pendahulu Anda. Tentu saja, jika teknologi dengan sangat efektif bisa meningkatkan efisiensi kerja, dia juga bisa mengganggu produktivitas. Teknologi membawa dampak (buruk) di kantor. Pekerja kini punya jaringan email yang harus selalu dicek, ada video-video dari YouTube yang bisa dilihat setiap saat dan game realitas virtual yang bisa dimainkan sambil bekerja. Semua itu menuntut perusahaan untuk melakukan pengawasan, dan bila perlu tindakan pencegahan.
  5. Bagaimana dengan gaji? Penting untuk diketahui sejak dini, meskipun harapan terhadap diri Anda terus meningkat, tapi gaji rupanya belum mengikuti. Berbagai riset menunjukkan, kesenjangan (gaji) antara top management dengan karyawan "biasa" masih akan lebar. Jadi, Anda harus tetap kerja keras dan mencapai puncak untuk mendapatkan gaji tinggi.
Kemampuan multitasking atau mengerjakan beberapa hal sekaligus memang patut dimiliki karyawan masa kini. Jika tak bisa melakukannya, bisa-bisa Anda akan kewalahan sendiri ketika menyelesaikan tugas. Akibatnya lagi, bisa jadi karir Anda akan terhambat atau malah dipecat dari jabatan gara-gara dianggap tidak mampu untuk bekerja dengan baik.

No comments:

Post a Comment